POTENSI SUMBER DAYA ALAM

  12 April 2017  |  DESA BALAK

Desa Balak adalah sebuah Desa di wilayah kecamatan Songgon kabupaten Banyuwangi yang letaknya merupakan sebagai Wilayah pembatas Kecamatan songgon dengan kecamatan lainnya ( Kecamatan Kabat dan Singonjuruh ). Kondisi tanahnya sangat subur dan keadaan airnya sangat dekat dengan sumber mata air , sehingga warga masyarakat Desa Balak mata pencahariannya kebanyakan bekerja di sawah dan bekerja di kebun.

              Warga masyarakat Desa Balak selain senang bekerja di sektor pertaniaan, perkebunan, juga ada yang berkerja dan atau pengelolaan di sektor perikanan, peternakan, industri kecil walaupun secara maksimal belum mampu memberikan kontribusi yang berarti bagi peningkatan kesejahteraan warga Desa Balak, apalagi di Desa Balak ada tempat pariwisata yaitu Sumber Lungun dan beberapa Gua di Dusun Cemoro Desa Balak karena keterbatasan kemampuan Pemerintah Desa Balak maka tempat tersebut belum pernah tersentuh pembangunannya, dan mudah-mudahan melalui penyusunan RPJMDes ini, warga masyarakat Desa Balak berharap Pemerintah Kabupaten banyuwangi dapat memberikan perhatian yang maksimal terhadap penggalian sumberdaya alam yang ada di Desa Balak, adapun kondisi Sumber daya Alam Desa Balak saat ini sebagai berikut :

 

  1. Lahan pertanian ( sawah ) seluas 489 Ha yang masih dapat di tingkatkan produktifitasnya karena saat ini belum dikerjakan secara optimal.
  2. Lahan perkebunan dan pekarangan yang subur seluas 208.190 Ha, belum dikelola secara maksimal.
  3. Adanya penambangan batu rejeng yang dapat dipergunakan sebagai bahan atau material bangunan.
  4.  Tersedianya pakan ternak yang baik untuk mengembangkan peternakan seperti sapi, kambing dan ternak lain, mengingat usaha ini baru menjadi usaha sampingan.
  5. Banyaknya sisa kotoran ternak sapi dan kambing, memungkinkan untuk di kembangkan usaha pembuatan pupuk organik.
  6. Adanya potensi sumber air tawar dan sungai yang bisa dikembangkan untuk usaha perikanan air tawar.

 

  • Sektor Pertanian

 

          Sebagaimana telah disampaikan pada bagian awal bab ini , bahwa tanah pemukiman masyarakat Desa balak diapit oleh dua aliran sungai, dan dua aliran sungai tersebut merupakan Induk dari aliran tersier yang di gunakan para petani dalam mengaliri sawahnya , disamping dibantu dari aliran sungai yang lain dan pembagianya di wilayah Desa Songgon, dengan demikian potensi irigasi yang dapat di gunakan di Desa Balak sangatlah memadai, sedangkan potensi Sumberdaya Alam sector pertanian di Desa Balak meliputi hasil Padi, palawija, Buah –buahan , dan hasil tanaman kebun yang lain.

 

  • Sektor Peternakan

 

          Hasil sumber Daya Alam sector peternakan di Desa balak meliputi ternak jenis sapi, Kambing dan jenis unggas. Populasi ternak terbersar adalah jenis ternak unggas yang meliputi ayam,itik, menthok dan lain lain.

 

          Melihat kondisi alam Desa Balak yang cukup Subur dengan cukup banyaknya tanaman pakan ternak yang bisa tumbuh, dengan ketersediaan pakan ternak di Desa Balak sangat cukup walaupun di musim kemarau, namun warga masyarakat Desa Balak sangatlah terbatas untuk beternak jenis unggas besar seperti halnya sapi , kambing dan lain lainya , dengan terpenuhinya kondisi sumber daya alam dan belum terjangkaunya masyarakat beternak unggas besar maka warga masyarakat berharap adanya perhatian dari pemerintah terutama dari Dinasterkait yaitu Dinas Peternakan.

 

 

 

  • Sektor Perikanan

 

          Potensi Sumber Daya Alam sektor Perikanan di Desa Balak belum di gali secara maksimal terutama jenis perikanan air tawar dan Perikanan Tambak, terlebih melihat Desa Balak memiliki wilayah yang banyak dilewati aliran Sunggai .

 

          Sedangkan Sumber Daya Alam sektor perikanan yang sudah digali oleh masyarakat Desa Balak selama ini membuat tambak di pekarangan rumah dan hasil tambak tersebut hanya untuk kepentingan keluarga saja. 

 

  • Sektor Industri

 

          Potensi sector Industri di Desa Balak masih bersifat “ Home Industry “ oleh karena itu melalui dukumen RPJMDes ini pula , warga masyarakat Desa Balak sangat berharap ada perhatian dari pemerintah dalam pengembangannya, terutama dalam bentuk bantuan pelatihan manajemen dan permodalan, dengan demikian selanjutnya ke depan akan berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan warga Desa Balak.

          Sektor industri yang ada di Desa Balak, hanya meliputi industri – industri kecil saja, yang modalnya pas – pasan dan menejemennya tanpa terbekali dari pengetahuan pelatihan – pelatihan khusus , misalnya industri mebel , industri pembuatan Tahu atau tempe , Industri kerajinan Rumah tangga dan Industri gula kelapa.

 

  • Sektor Pariwisata

 

          Desa Balak sebenarnya memiliki tempat wisata yang masih alami yaitu berupa Sumber Lungun dan beberapa Gua disekitar sumber tersebut namun demikian demi potensi wisata tersebut Desa Balak belum mampu mengembangkan dan memberikan kontribusi guna peningkatan kesejahteraan warga Desa , karena terbentur dengan modal dari pengembangan tempat wisata yang sangat besar , untuk itu melalui penyunsunan RPJMDes Desa Balak ini, warga masyarakat Desa Balak berharap agar dapat pemerintah memberikan perhatian terhadap pengembangan Tempat Wisata Sumber Lungun dan Gua tersebut , demi untuk meningkatkan Kesejahteraan Warga masyarakat Desa Balak ke depan.

Contact Details

  Alamat :   Jalan Jendral Sudirman no.02 Desa Balak Songgon 68463
  Email : desabalak16@gmail.com
  Telp. : 0333 633114
  Instagram :
  Facebook : balak
  Twitter :


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi